Facebook Ads adalah salah satu layanan marketing usaha di dunia online yang sudah sangat sering kita dengar. Layanan periklanan ini disediakan oleh raksasa sosial media bernama Facebook. Pada zaman digital seperti sekarang, hampir semua orang sudah memiliki akun di Facebook atau paling tidak mengetahui existensi dari sosial media ini. Tetapi mungkin saja ada beberapa dari kita yang belum mengetahuinya. Mari kita bahas sedikit mengenai sejarah sosial media bernama Facebook.


title


Sejarah Singkat Sebelum Facebook Ads Sebagai Layanan Marketing Usaha Di Dunia Online

Facebook berdiri pada Februari 2004. Sosial media ini didirikan oleh Mark Zuckerberg dan beberapa temannya saat menjalani kuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Mengawali berdirinya Facebook dengan tujuan untuk menjalin hubungan antar sesama mahasiswa di Harvard, sosial media buatan Mark Zuckerberg mendapat sambutan yang sangat luar biasa. Kepopuleran sosial media ini bahkan merambat ke Universitas Besar lainnya di Amerika Serikat seperti Universitas Yale, Columbia, dan Stanford. Pada saat itu pengguna yang dapat membuat akun di facebook masih dibatasi dari kalangan mahasiswa saja.

Walaupun masih dibatasi, pada Desember 2004 atau berselang 10 bulan dari pembuatannya, Facebook sudah memiliki 1 juta akun pengguna aktif. Sudah bisa kita bayangkan seberapa populer karya Mark Zuckerberg hanya dalam kurun waktu yang sangat singkat. Dengan berlandaskan kesuksesan yang sudah ada, Facebook terus melakukan expansi baik dari segi layanan dan multimedia. Pada tahun 2006, facebook “goes mobile” dan memberikan keleluasan untuk membuat akun bagi siapapun. Hingga saat artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 2,6 milyar akun pengguna aktif Facebook di seluruh dunia.



Memanfaatkan Facebook Ads Dan Layanan Multimedia Lainnya Dari Facebook

Facebook Ads diperkenalkan oleh Facebook pada 6 November 2007. Dengan adanya layanan ini, kita dapat memperkenalkan usaha, produk, atau brand kepada 2,6 milyar akun aktif di sana. Tetapi apakah kita ingin melakukan periklanan dengan membabi buta? Melakukan periklanan tanpa memikirkan target iklan dan budget promosi tentu hanya akan merugikan kita sebagai pengusaha. Lalu bagaimana agar iklan yang kita jalankan di Facebook Ads menjadi efektif?



Optimalkan Penggunaan Multimedia

Facebook tidak hanya mengeluarkan layanan periklanan saja. Sosial media ini adalah salah satu media sosial dengan layanan multimedia yang terlengkap. Di sini kita bisa mengunggah gambar dan video yang relevan dengan produk yang akan kita tawarkan. Gambar dan video bisa membuat target audience tertarik untuk menjadi calon pelanggan kita.



Sesuaikan Target Lokasi Audience

Jika iklan yang kita buat di tampilkan di area yang sembarangan, itu hanya akan membuang kuota iklan kita secara percuma. Buatlah target lokasi audience yang realistis untuk menjadi calon pelanggan kita. Mentargetkan audience yang berada di radar area yang sesuai akan memaksimalkan potensi iklan kita untuk menjadikan mereka sebagai calon pelanggan.



Rencanakan Budget Iklan Untuk Berjalan Dalam Jangka Panjang

Budget untuk melakukan marketing di dunia online harus kita pikirkan dengan baik. Alangkah baiknya budget yang kita miliki bisa disesuaikan agar iklan yang kita tampilkan berjalan dalam jangka panjang. Melakukan promosi besar – besaran tetapi hanya dalam kurun waktu yang terlalu singkat tidak akan efektif. Lebih baik iklan kita ditampilkan dengan kuota lebih sedikit tetapi tetap berjalan secara konsisten dalam jangka waktu lebih panjang.

Nah begitulah secara umum cara mempromosikan usaha atau produk kita melalui media Facebook Ads sehingga dapat membantu meningkatkan marketing usaha di dunia online.